AndroidBerita

Celah Keamanan Ditemukan Pada Google Kamera, Google Peringatkan Segera Update

Celah keamanan ini bisa mengendalikan kamera milikmu

Celah keamanan berbahaya kembali ditemukan pada aplikasi-aplikasi buatan Google. Celah keamanan ini terdeteksi pada aplikasi buatan Google yaitu Google Camera. Aplikasi kamera buatan Google ini banyak diinstal  pada ponsel-ponsel Android.

Pertama kali, laporan mengenai celah keamanan ini dilaporkan oleh Checkmarx. Dalam laporanya, ia menyebutkan jika celah keamanan ini diketahui menjangkiti aplikasi Google Camera di sejumlah ponsel Pixel buatan Google sampai ponsel-ponsel buatan Samsung.

Chekmarx meng-estimasi jika saat ini jumlah ponsel yang terjangkiti celah keamanan ini telah mencapai ratusan juta unit. Checkmarx menamai celah keamanan ini dengan kode CVE-2019-2234, ia menyebutkan jika celah keamanan ini bisa mengontrol aplikasi kamera dari jauh, tak hanya itu saja, celah keamanan ini dapat mengontrol mulai dari mengetahui posisi terakhir kamu melalui data location pada foto, kemudian mengambil foto hingga merekam video.

Dalam menjalankan aksinya, celah keamanan ini akan berjalan dibalik layar, sehingga korban tak akan sadar jika ponsel mereka telah dijangkiti celah keamanan berbahaya ini. Saat dikonfirmasi tentang kabar ini, Google kemudian memberikan jawaban.

Google mengatakan jika para pelanggan tak usah khawatir tentang celah keamanan ini, mereka juga mengatakan jika saat ini Google telah mengetahui keberadaan celah keamanan ini sejak Juli 2019 lalu. Google juga telah memberikan update untuk menambal celah keamanan ini kepada semua vendor ponsel yang menggunakan Android.

Masalah ini telah diatasi pada perangkat Google yang terkena dampak melalui pembaruan Play Store ke Aplikasi Google Camera pada Juli 2019. Paket penambal celah keamanan juga telah dibuat tersedia untuk semua vendor.” dikutip Terastekno dari The Nex Web, Jumat, (21/11/2109).

 

Sumber : The Nexweb

Tags
Back to top button
Close
Close