BeritaInternet

Sekitar 15 Juta Akun Data Pengguna Tokopedia Dilaporkan Bocor Di Internet

Laporan ini pertama kali dilaporkan oleh Underthebreach

Sebuah kabar mengejutkan datang dari salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia, yaitu Tokopedia. Kabar tersebut berupa laporan bocornya 15 juta akun para pengguna dari situs e-commerce terbesar di Indonesia itu.

Laporan ini, pertama kali dilaporkan oleh salah satu akun twitter dengan username Under the Breach (@underthebreach).Ā  Dalam laporan tersebut, Under the Breach mengatakan jika para hacker berhasil mengambil data pribadi pengguna Tokopedia yang terdiri dari email, password yang di-hash, hingga nama lengkap si pemilik akun e-commerce.

Akun tersebut juga menyebut, jika data yang diretas mencapai 15 juta akun dan telah dipanen sejak bulan Maret 2020 atau sekitar dua bulan yang lalu.

“Peretasan terjadi pada Maret 2020 dan berimbas pada 15.000.000 pengguna, meski hacker bilang punya (pengguna) lebih banyak,” katanya di akun Twitter miliknya.

Dalam postinganya, Under the Breach juga menyertakan gambar berupa dua screenshot atau tangkapan layar. Pada foto pertama, merupakanĀ  posting-an yang dilakukan oleh sang hacker dalam suatu forum internet. Kemudian, pada foto kedua adalah data-data pribadi pengguna yang diambil oleh pelaku peretasan.

Walaupun begitu, nampaknya sang hacker yang mengaku cukup kesulitan. Dirinya kesulitan untuk membuka hash yang mengunci salah satu data. Kemudian dirinya meminta bantuan sesama peretas yang bisa memecahkannya.

Hash merupakan sebuah algoritma yang mengubah suatu data informasi berupa huruf, angka, atau simbol menjadi karakter terenkripsi. Biasanya, hash dimanfaatkan untuk menyembunyikan password asli.

 

 

 

Tags
Show More
Back to top button
Close