BeritaAndroid

Komunikasi dan Kreasi Bersama adalah Rahasia Sukses Realme

Realme ungkap rahasia suksesnya.

Pada Festival Belanja 11.11 yang baru saja dilewati, realme telah mendapatkan hasil yang cukup baik di pasar global. Founder dan CEO realme, Li Bingzhong, menerbitkan surat terbuka berjudul “Each ‘one in 50 million’ makes realme”. Dalam surat terbuka ini, Li Bingzhong tidak hanya mengulas sejarah perkembangan realme, tetapi juga berbicara tentang visinya untuk masa depan atas pencapaian 50 juta pengguna dan berjanji untuk terus berkomunikasi serta berkreasi bersama pengguna di seluruh dunia.

realme adalah merek yang mengawali niatnya untuk menghadirkan smartphone trendi dengan harga yang terjangkau untuk anak muda dan terbukti berhasil menarik audiensnya dengan sempurna. Menurut laporan pengiriman smartphone global di Q3 2020 oleh Counterpoint, pengguna realme kini telah melampaui 50 juta pengguna global. Dengan mencapai penjualan kumulatif 50 juta hanya dalam sembilan kuartal, realme telah menjadi merek smartphone dengan predikat the world’s fastest growing smartphone brand.

Meskipun merupakan perusahaan muda, realme berada jauh di depan diantara industri lainnya dan memecahkan banyak rekor di kawasan seluruh Asia selama musim penjualan. Melalui surat terbuka, Li membagikan sedikit pencapaian realme: Di India, realme smart watch menjadi produk pengiriman tertinggi tahun ini; Di Indonesia dan Thailand, realme muncul sebagai salah satu merek terlaris di platform e-commerce online terkemuka seperti Lazada dan Shopee serta menyandang predikat sebagai one of the highest rate of smartphone di kedua negara; Di Rusia, realme telah mencapai top 5 market share dalam satu tahun; Di Tiongkok, realme memecahkan rekor penjualan tahun lalu di situs e-commerce dengan mencatatkan waktu hanya 30 menit untuk menjual habis produknya.

Dalam surat terbuka yang dibagikan, CEO realme mengaitkan pencapaian yang mereka raih dengan penggunanya. Rahasia realme untuk mencapai kesuksesan mereka saat ini adalah hubungan dan kemampuan mereka untuk mendengarkan anak muda sebagai pengguna.

Untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan anak muda, CEO realme, Sky Li, menyebutkan dalam surat terbuka bahwa realme akan terus berinovasi dan tetap terhubung dengan audiens mereka: “Dalam dua tahun, realme tidak pernah berhenti berinteraksi dan bersama-sama berkreasi dengan anak muda. Kami berharap menjadi merek yang paling mengenal anak muda”. realme bahkan mengadakan acara peluncuran dengan menjadikan pengguna sebagai pembicara dan membagikan pandangan mereka terhadap realme yang menjadi poin fokus acara tersebut.

Upaya realme dalam mengenali bahwa penggunanya adalah sekumpulan individu yang selalu mendorong realme agar melompat ke depan tidak berhenti pada acara peluncuran saja. realme berencana untuk selalu meluncurkan kompetisi desain wallpaper dan fotografi ponsel. CEO realme juga mengundang mereka yang telah memenangkan kompetisi desain untuk bergabung dengan para ahli desain di kantor pusat realme sehingga mereka dapat belajar tentang konsep desain yang profesional dan mutakhir. Hal ini sejalan dengan pesan realme yang konsisten bahwa tidak ada batasan untuk kaum muda.

Di babak baru selanjutnya, realme mendapatkan inspirasi dari penggunanya dan berfokus pada apa yang menjadi kebutuhan mereka, sehingga realme telah meningkatkan fungsi dan spesifikasi produk mereka.

realme UI Custom notification bar color function menjadi sesuatu yang paling diminta oleh pengguna di forum feedback milik realme. Menjadi sesuatu yang paling diminta dan dibutuhkan, hal ini akan menjadi kenyataan. Dengan memperhatikan secara detail, realme juga akan memperbarui fungsi yang lebih kecil, termasuk opsi populer seperti “Super Power Saving Mode” dan kompatibilitas dengan ikon pihak ketiga yang dibuat berdasarkan masukan pengguna. Dan tidak lupa, pembaruan opsi produk dalam rencana upgrade realme UI 2.0.

Meskipun masih terbilang singkat di dunia industri teknologi, realme telah meraih lima penghargaan desain internasional bergengsi dan berkolaborasi dengan desainer global papan atas untuk produknya dengan realme Design Studio. Hal ini juga menjadikan realme sebagai perusahaan pertama yang memperkenalkan kamera 64MP pada smartphone dan menggunakan prosesor Snapdragon 865/765G. Yang lebih mengesankan, realme adalah satu-satunya merek smartphone besar yang mempertahankan pertumbuhan tinggi di dua kuartal pertama tahun 2020.

Ke depannya, realme akan terus “melompat” ke depan dengan semangat “Dare to Leap”. Selain itu, dengan ekosistem AI of Things (AIoT), realme memanfaatkan berbagai teknologi canggih dan mutakhir untuk menghadirkan kinerja teknologi terdepan, menghadirkan trendsetting design, namun masih dengan harga yang terjangkau untuk para penggunanya.

Show More
Back to top button