BeritaAndroid

Mediatek MT6893 Kalahkan Skor AnTuTu dari Snapdragon 865

MediaTek selama satu setengah tahun “hiatus” dalam pembuatan chipset flagship dan hanya merilis chipset untuk kelas menengah.

Namun, tahun lalu mereka mengejutkan semua orang dengan dirilisnya chipset gaming Helio G90T yang memulai debutnya di Redmi Note 8 Pro.

Walau awalnya ada beberapa pihak kurang menyukai pilihan Xiaomi untuk menggunakan chipset MediaTek, nyatanya seiring berjalannya waktu, ponsel itu terbukti sukses besar dan kinerja chipset cukup baik dan bahkan saat ini menyaingi chipset kelas menengah dari Qualcomm, seperti Snapdragon 732G.

Kemudian, tahun ini perusahaan juga merilis chipset dari lini Dimensity yang sangat baik yang namun dengan harga terjangkau. Chipset ini dibangun diatas proses fabrikasi 7nm yang memiliki kemampuan konektivitas 5G.

Selain kekuatannya, chip Dimensity juga memungkinkan para vendor untuk membuat ponsel Android dengan konektivitas 5G yang harganya terjangkau.

Selain jajaran beberapa chipset Dimensity yang telah dirilis, saat ini perusahaan disebut tengah mengerjakan chipset MediaTek MT6893 yang dibuat dengan proses 6nm. Dimana chipset ini akan menjadi salah satu dari jajaran Dimensity 2021.

Dalam sebuah ujicoba pada aplikasi benchmark AnTuTu, kinerja dari chipset ini ternyata mampu mengalahkan skor dari chipset andalan Qualcomm untuk tahun 2020. yaitu Snapdragon 865.

Untuk diketahui, Mediatek MT6893 adalah sebuah chipset yang datang dengan spesifikasi empat core CPU Cortex-A78. Dengan satu core utama yang berjalan hingga 3.0GHz dan tiga core yang memiliki clock speed pada 2.6GHz. Selain itu, terdapat empat core Cortex-A55 yang hemat daya.

Untuk urusan pengolah grafis dijalankan oleh Mali-G77 MC9, sedikit lebih rendah dari Samsung yang telah memilih G78. Seperti yang telah disebutkan di atas, chipset tersebut menyasar kelas premium, tetapi bukan smartphone flagship.

Baca terus artikel kita di Teras Tekno jika tertarik dengan informasi paling menarik mengenai Game dan Teknologi!

Show More
Back to top button